Dampak Positif dan Negatif Bermain Sosial Media Yang Tidak Kamu Sadari

Dampak positif negatif sosial media

Dampak positif dan negatif bermain sosial media yang tidak kamu sadari

Kita tau sekarang era digital sedang dimulai, banyak yang memanfaatkan internet sebagai alat untuk mencari informasi dan berbagai kebutuhan bisa kita jumpai, tak terkecuali dari sosial media (sosmed).

Apa itu sosial media? 
Sosial media/sosmed merupakan media untuk bersosialisasi antara manusia secara online. Dengan begitu menggunakan sosmed akan lebih mudah melakukan interaksi kepada teman, kerabat, dan sodara kapan saja dimana saja.

Ada ratusan bahkan ribuan sosial media yang sekarang banyak digunakan. Kita ambil contoh beberapa yang lagi populer seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, Blog, dan masih banyak lagi.

Untuk memahami arti sosial media sebenarnya sangat luas tergantung maksud serta tujuan untuk apa seseorang menggunakan sosial media.

Ada yang memanfaatkan sosmed untuk interaksi terhadap keluarga jauh, ada juga sebagai media promosi produk atau jualan, sebagai bisnis, berbagi informasi dan pengetahuan, ada juga yang bersosmed hanya untuk sekedar iseng sebagai pengisi kekosangan.

Saya rasa cukup untuk ulasan arti sosial media mungkin kamu sudah punya gambaran sendiri soal itu. Kita kembali ke topik, berbicara soal sosmed pasti memiliki dampak positif yang dirasakan sebelum kita mengenal dunia online. Apa saja kah dampak positif bersosmed itu?

Dampak positif

Lebih mudah berinteraksi sesama pengguna

Menggunakan sosmed tentu membuat kita lebih mudah melakukan interaksi terhadap seseorang. Contohnya saya aktif di facebook dan kamu juga, lalu saya menyapa "hai boleh kenalan enggak". Masalah direspon atau enggak bukan menjadi persoalan yang penting kita sudah bisa menyapa dengan mudah, beda halnya dengan di duta (dunia nyata).

Menambah banyak wawasan

Jika kita bisa bijak bersosmed, manfaatnya akan sangat terasa. Menggunakan sosmed sebagai media untuk mencari informasi yang dibutuhkan, hal ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan.

Sosmed sebagai sumber penghasilan

Saat ini sudah banyak sekali orang-orang yang menggunakan sosmed untuk mencari penghasilan. Seperti berjualan online, promosi produk atau endorse, jadi youtuber dan blogger. 
Apa kamu termasuk golongan ini?

Sungguh banyak dampak positif yang bisa kita dapatkan dari bersosmed itu jika kita bijak memanfaafkannya. Bicara soal positifnya, pasti ada negatif juga kan. Ingatlah segala sesuatu ada resiko kalo kita ceroboh.
Hal negatif apa saja sih yang bisa kita dapatkan saat bersosmed? 

Dampak negatif

Rawan kejahatan

Tidak bisa kita pungkiri saat ini banyak sekali tindak kejahatan  penculikan dan penipuan secara online di sosial media yang dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan. Jika kita tidak hati-hati auto jadi korban lho.

Mengganggu suatu hubungan antar pasangan

Ada banyak sekali kasus perselingkuhan yang berawal dari perkenalan disosmed, awalnya cuma komen-komenan hingga berujung perselingkuhan. Jadi buat kamu yang sudah punya pasangan tetap waspada ya.

Banyak konten negatif yang dapat merusak pola pikir anak

Yang dimaksud konten negatif seperti konten dewasa alias 18+ marak sekali kita jumpai di internet. Untuk para orang tua kalo bisa batasi aktivitas anak saat menggunakan gadget ya.

Dapat menyebabkan kecanduan

Sosial media tanpa kamu sadari dapat menimbulkan candu yang 
mengakibatkan penggunanya menutup diri pada kehidupan sekitar dan dunia nyata, hal ini disebabkan karna terlalu sering menggunakan sosmed sehingga terjadinya ketergantungan sosmed.

Mulai sekarang kita harus lebih bijak lagi dalam bersosmed, pergunakanlah untuk hal yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang disekitar. Ingat selalu hati-hati juga saat bersosmed, ingat pesan bang Napi "kejahatan terjadi bukan karena ada niat pelakunya, tapi karena adanya kesempatan, waspadalah...waspadalah" hehe. Saya rasa cukup postingan tentang Dampak positif dan negatif bermain sosial media semoga bermanfaat.

1 Response to "Dampak Positif dan Negatif Bermain Sosial Media Yang Tidak Kamu Sadari"

  1. Satu lagi mas, yang negatif. Banyak berita bohong yang berseliweran. Sekarang banyak banget warga net yang terlanjur percaya berita-berita bohong di sosmed gara-gara gak mau kroscek berita itu bener atau tidak. Contohnya tentang kasusnya Audrey itu, se-Indonesia kena tipu semua. Hehehe.😂

    ReplyDelete

Pages

Pages