Hore! Nemu Kupon Berhadiah Mobil Ternyata Modus Penipuan

Modus penipuan kupon berhadiah

Apa yang sobat pikirkan ketika tidak sengaja dijalan menemukan kupon berhadiah. Dan lebih gilanya lagi hadiah yang tertera pada kupon tersebut tak tanggung-tanggung, mulai dari smartphone, speda motor, hingga mobil.

Mungkin sebagian dari sobat akan merasa senang bagaikan ketemu rejeki nomplok, dan sebagian lagi akan beranggapan bahwa ini merupakan modus penipuan dan lebih mengabaikan kupon tersebut. 

Sama halnya yang menimpa saya beberapa hari lalu 10/2/20 tepatnya menjelang tengah malam saat itu saya baru pulang dari tempat kerabat, sesampainya depan rumah, tepatnya rumah saya dipinggir jalan. Saya tidak sengaja menemukan sesuatu terlipat dengan rapih tepat berada dibawah pintu pagar rumah.

Penasaran dengan itu saya pun mengambilnya, sekilas jika dilihat seperti sebuah kupon. Akhirnya saya bawa masuk kedalam untuk dilihat lebih jelas lagi karena diluar rumah sudah gelap, semua lampu halaman sudah dimatikan.

Ternyata benar benda yang saya temukan adalah sebuah kupon berhadiah yang mengatasnamakan dari sebuah produk bumbu dapur atau penyedap rasa yang cukup terkenal. Apakah ini beneran? tentu saya tidak langsung tergiur. Saya mencoba menganalisa lebih jauh lagi.

Uniknya kupon tersebut tersegel sangat rapih berbentuk kartu gosok dengan ditambahi hologram dan dilengkapi surat kecil petunjuk yang seolah-olah akan membuat orang yang menemukannya terbang ke awan bagai disambar rejeki nomplok.

Saya mencoba buka dan membaca petunjuk yang tertera pada kupon hadiah tersebut. Saya pun semakin terpana karena terdapat surat seperti himbauan dari kepolisian dan perusahaan Pt tersebut. Sungguh sangat niat sekali pembuat kupon  tersebut.

Keisengan saya berlanjut dengan menggosok kupon tersebut. Hadiah apakah yang akan saya dapat? dan luar biasa setelah digosok terpampanglah tulisan seperti ini "SELAMAT ANDA MENDAPATKAN MITSUBISHI XPANDER" wow wow wow sambil tersenyum cekikan ketika saya melihatnya.

Lalu bagaimana cara mengambil hadiah itu? Saya pelajari lagi didalam kupon ada petunjuk untuk mendapatkan hadiah itu dengan menghubungi nomer telepon dan nomer hp yang tertera.

Ingin rasanya menghubunginya, namun saya urungkan untuk menghubungi no tersebut lantaran beda operator yang memakan banyak pulsa..hahaha

Saya baca lagi surat dari kupon tersebut dan mendapati kembali tulisan yang tertera sebuah petunjuk untuk mendapatkan hadiah berupa mitsubishi  xpander. Saya disuruh membayar administrasi dengan alasan biaya balik nama (BBN) Stnk/Bpkb, dan ternyata biaya tersebut ditanggung pemenang. Administrasi harus diselesaikan melalui jasa perbankan atau kantor pos. 

Ya ampun jika ini beneran, biyaya administrasi lebih baik dibayar secara cod. Saya lebih suka memilih barang ditempat daripada melakukan transfer. Ingin rasanya cod langsung dengan admin tapi apadaya gak punya ongkos. 

KESIMPULAN: kupon berhadiah yang saya temukan merupakan Modus Penipuan. Biasanya para pelaku sengaja menaruh kupon dijalan, atau dihalaman rumah untuk menggaet para korbannya. Mereka iming-iming hadiah yang wah dengam syarat para korban harus membayar bieaya operasional. 

Biasanya para pelaku menggunakan nama-nama produk pakan yang cukup terkenal seperti kopi, bumbu masak dan lain-lain. Semoga kita semua selalu dihindari dari segala modus penipuan dan kejahatan, baik didunia nyata maupun dunia maya.

Salam: ImayBlog

8 Responses to "Hore! Nemu Kupon Berhadiah Mobil Ternyata Modus Penipuan"

  1. Wah, jangan-jangan di setiap rumah daerah situ masing-masing dikasih kupon berhadiah itu. Tapi niat banget lho bikin kuponnya, pake hologram dan ada yang digosok-gosok gitu.🤔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya sih banyak tercecer dijalanan. Ya semuanya sudah direncanakan untuk meyakinkan para korban.

      Delete
    2. Betul, adik ipar saya juga nemunya kuponnya di tempat sampah. Masa ada hadiah mobil dibuang di tempat sampah.😁

      Delete
  2. Yaa memang modus sekarang berbagai cara dilakukan agar dapat menjerat orang awam yang kurang pengalaman. Bahkan orang yang pengalaman bisa juga terjerat.

    Intinya mah waspada sama sesuatu yang tak masuk akal atau memberikan iming2 hadiah yang berlebihan.😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, sekarang penipuan sudah mulai merajalela dengan berbagai cara dilakukan untuk menipu orang2

      Delete
  3. Dulu adik ipar saya juga Nemu kupon hadiah seperti itu, hampir sama persis, cuma bedanya dia dapat mobil Avanza. Dia tentu saja senang banget.

    Aku lalu bilangin, ati-ati saja, soalnya sekarang banyak penipuan, dia ngeyel ngga percaya, ada hologramnya katanya, pasti asli.

    Lalu karena ngebet, dia lalu nelpon nomer HP yang ada disitu. Orangnya lalu bilang untuk transfer duit sebagai pajak sebanyak 20% yaitu 40 juta. Kalo ngga ada, kata orangnya kalo ngga ada bolehlah 30 juta. Adik ipar saya bimbang karena ngga punya duit. Penipunya sendiri terus ngerayu, ngga mau bayar kalo mobilnya sudah datang.

    Akhirnya aku bilang,dari pada bimbang kan ada call center produk kopi tersebut (Merk kapal api) didalam rumah. Aku lalu bilang agar dia nelpon, dan ternyata kapal api tidak sedang mengadakan undian dan itu palsu. Langsung dirobek tuh undiannya sama adik ipar...😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali apa kata sobat, daripada bimbang lebih baik di abaikan atau dirobek. Lebih baik berhati2 untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan

      Delete
    2. Betul sekali mbak, daripada duit melayang.😂

      Delete

Pages

Pages